10 Cara Optimalkan Memori Otak biar Ngga Cepat Pikun

Cara meningkatkan kapasitas memori otak. Ada banyak hal yang berkontribusi terhadap daya ingat manusia. Kesehatan otak adalah salah satu yang paling penting.

Menurunnya kerja memori otak karena faktor usia, bisa dianggap wajar, namun ada banyak cara untuk memperlambat penurunan itu.

Daya ingat yang buruk bisa menjadikan seseorang jadi pelupa. Situasi ini bisa membuat frustasi orang-orang terdekat Anda. Ada langkah-langkah sederhana yang dapat Anda tempuh untuk meningkatkan memori otak Anda pada usia berapa pun.

Cara Optimalkan Memori Otak

10 Cara Mengoptimalkan Memori Otak


Meningkatkan memori otak bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Bisa diterapkan dengan sangat mudah. Berikut ini kiat-kiat yang bisa Anda coba.

1. Ubah cara diet Anda


Penelitian merekomendasikan bahwa lemak omega-3 dan diet anti-inflamasi dapat meningkatkan daya ingat. Diet memiliki dampak langsung terhadap semua aspek pada tubuh Anda.

Memodifikasi cara berdiet bisa mengubah kemampuan otak untuk menyimpan dan memulihkan memori. Ada sejumlah variasi diet anti-inflamasi. Lakukan eksperimen dan lihat mana yang terbaik untuk Anda.

2. Kurangi stres


Stres adalah situasi yang membuat tubuh dan otak Anda bekerja lebih keras. Banyak yang mengaitkan stres sebagai biang kerok penyebab penurunan memori otak.

Rencanakan harapan yang ingin dicapai dalam hidup Anda. Cari waktu terbaik untuk bersantai dan menghindari stres. Pastikan Anda memiliki cukup waktu luang.

3. Tidur yang cukup


Para ilmuwan masih bingung tentang apa yang terjadi saat kita tidur. Tapi mereka sebenarnya telah menemukan bahwa otak tidak bekerja dengan maksimal ketika kita susah tidur.

Fakta ini bisa dibuktikan pada mereka yang gemar begadang hingga larut malam bahkan sampai menjelang pagi. Untuk itu, agar kualitas tidur Anda cukup dan memori otak Anda bisa terstimulasi, cobalah tips ini :
  1. Buatlah jadwal tidur yang rutin.
  2. Hindari kafein.
  3. Biasakan tidur siang

4. Gunakan pengulangan


Ini jauh lebih efektif untuk membiasakan diri Anda pada sesuatu yang dilakukan secara konsisten dari waktu ke waktu daripada mencoba untuk belajar dalam satu rentang waktu semata.

Misalkan Anda berniat belajar kosa kata bahasa Perancis, enam sesi tiap 5 menit akan lebih maksimal hasilnya dari pada satu sesi 30 menit.

5. Usahakan pikiran selalu aktif


Lakukan kegiatan sehari-hari yang membutuhkan banyak aktivitas otak. Membaca, teka-teki silang, catur, dan berbagai permainan asah otak lainnya. Cara ini untuk menjaga agar pikiran Anda selalu aktif dan tajam. Hindari tergantung hanya pada aktivitas tunggal. Kombinasikan keduanya, dan itu akan memukul otak Anda dari setiap sudut.

6. Jadilah kreatif


Kreativitas memanfaatkan lebih banyak bagian otak dibandingkan fungsi analitis yang biasanya sering kita lakukan. Misalnya, melukis, menggambar, bermain instrumen, atau menulis. Apa pun yang membutuhkan kreativitas sudah pasti bermanfaat.

7. Rutin berolah raga


Olah raga membuat darah bergerak melalui tubuh dan otak. Proses inilah yang dapat meningkatkan memori.
Obesitas dapat menyebabkan penumpukan gula darah yang dikhawatirkan bisa mengganggu system peredaran darah. Keduanya dapat merusak memori.

Anda tidak perlu lari marathon setiap hari, cukup jogging di lingkungan sekitar rumah Anda. Aktivitas rutin ini bisa mera4ngsa4ng kerja hati untuk memompa selama beberapa menit setiap hari.

8. Tulis biar tidak lupa


Akan jauh lebih mudah untuk mengingat sesuatu jika Anda menuliskannya, bukan hanya mendengar atau membacanya.

Lewat tulisan, otak lebih mudah merekam apa yang baru saja Anda kerjakan. Untuk saat ini atau yang akan datang.

9. Ucapkan dengan lantang


Manfaatkan semua indera Anda. Katakan dengan lantang sampai terdengar oleh telinga. Terapkan metode itu saat Anda menulis atau membaca. Semua akan menjadi jauh lebih mudah untuk diingat.
Ekspos diri Anda untuk informasi yang ingin Anda ingat dengan berbagai cara yang berbeda.

10. Bersosialisasi


Beberapa ahli syaraf beranggapan bahwa interaksi social adalah kunci untuk menjaga otak tetap sehat dan aktif. Mereka menemukan fakta bahwa intensitas dalam kehidupan bersosialisasi bisa memperlambat penurunan fungsi memori otak.

Untuk itu :
  1. Investasikan waktu Anda lebih banyak dengan teman dan keluarga.
  2. Jalin komunikasi dengan beberapa teman baru.

Similar pos : Bagaimana Aromaterapi Bisa Mengubah Hidup Anda

Kesimpulan


Jika Anda merasa memiliki daya ingat yang buruk, tak perlu kuatir. Semua bisa diatasi dengan mudah.

Biasakan berpikir rileks, jangan tegang. Berikan challenge pada otak Anda secara teratur, dan cukuplah tidur. Itu adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan fungsi memori.

Tidak pernah ada kata terlambat untuk memperhatikan kualitas memori otak Anda.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel