7 Cara Mengobati Jerawat Nodul Secara Alami

Cara mengobati jerawat nodul. Jerawat nodul (nodular) kehadirannya dianggap sebagai mimpi buruk bagi  remaja atau orang dewasa.

Jerawat ini besar hampir mirip kista. Terlihat jelek dan menyakitkan. Bikin malu jika muncul di wajah. Untuk kesembuhannya, butuh waktu berhari-hari.

Dalam artikel ini, akan Anda pelajari beberapa cara paling efektif untuk mengobati jerawat nodul agar sembuh lebih cepat.

Apa penyebab jerawat nodular?

Jerawat nodular muncul saat kelenjar sebaceous yang terlalu aktif bergabung bersama folikel rambut sehingga menimbulkan sebum berminyak.

Sebum yang mengandung kotoran dan bakteri menyebabkan peradangan sehingga terbentuk jerawat yang keras dan perih. Jerawat jenis ini biasanya menimpa remaja berusia 14 sampai 19 tahun.

Namun belakangan ini, dalam beberapa kasus, semakin banyak dermatologists yang melihat pasien berusia 30-40 tahunan mengalami jerawat nodular yang parah.

Pada kulit yang lebih muda, jerawat nodular sering dibarengi dengan komedo, whiteheads, dan kulit berminyak.

Cara Mengobati Jerawat Nodul Secara Alami

Cara Mengobati Jerawat Nodul


Sekarang mari kita pelajari beberapa perawatan untuk mengobati jerawat nodul yang bisa Anda praktekkan di rumah. Percayalah, cara-cara berikut ini terbukti berhasil jika diterapkan dengan benar.

1. Detoksifikasi


Detoksifikasi secara teratur adalah kunci menghilangkan unsur-unsur racun dari usus besar dan seluruh tubuh.

Detoksifikasi itu sendiri ada beberapa metode, seperti:
  • Jus, terdiri dari jus hijau dan smoothies yang terbuat dari sayuran dan buah-buahan seperti bayam, mentimun dan apel hijau.
  • Berpuasa setiap seminggu sekali bisa menghilangkan kelebihan racun dalam tubuh.
  • Uap  sauna atau dengan berolahraga.

Saat mendetoksifikasi, Anda harus minum banyak air serta banyak makan buah dan sayuran segar.

2. Cuka sari apel


Cuka sari apel adalah obat jerawat yang sangat efektif dan alami. Berguna dalam mengatur pH tubuh dan membantu menyembuhkan kulit, rambut dan banyak masalah fisik lainnya.

Minumlah cuka sari apel organik setiap pagi saat perut kosong. Anda bisa mencampurnya dengan air hangat atau menambahkan beberapa sendok teh jus jeruk.

Anda juga bisa mengoleskan cuka sari apel yang diencerkan ke jerawat secara langsung untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Artikel terkait : Bye..Bye..Jerawat!

3. Masker wajah buatan sendiri


Masker wajah buatan sendiri banyak membantu menyembuhkan jerawat nodular dan juga mengurangi jaringan parut di wajah.

Masker wajah sederhana bisa dibuat dengan menggunakan campuran jus lemon dan madu. Madu memiliki khasiat penyembuhan dan jus lemon membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat nodular.

Oleskan campuran kedua bahan di wajah dan biarkan kering secara alami. Cuci bersih dengan air hangat.

Masker lainnya bisa dibuat dengan menggunakan pepaya mentah. Ambil beberapa pepaya mentah dan oleskan di wajah pada semua area rawan jerawat.

Kemudian bersihkan dengan air hangat setelah 20 menit. Ulangi obat ini setiap hari sampai jerawat mereda.

Minyak zaitun juga bisa mengurangi peradangan yang menyakitkan akibat jerawat nodular.

Oleskan minyak zaitun murni murni ke jerawat di malam hari dan biarkan tetap di wajah saat Anda tidur. Cuci bersih menggunakan air hangat dan sabun ringan keesokan paginya.

Jika Anda memiliki komedo, Anda juga bisa membuat scrub yang terdiri dari minyak zaitun dan gula merah untuk membersihkan seluruh hidung dan dagu di mana komedo sering muncul. Pengobatan rutin dengan scrub ini bisa membantu mengurangi komedo dan jerawat.

4. Meditasi


Stres adalah penyebab nomor satu jerawat kistik atau nodular. Jadi, lakukan latihan meditasi reguler agar terhindar dari stress.

Meditasi sangatlah mudah, hanya butuh latihan dan disiplin yang teratur. Mulailah dengan beberapa latihan pernapasan sederhana. Fokus pada nafas saat masuk dan keluar.

Cara ini perlahan akan mengurangi palpitasi jantung dan memperbaiki sirkulasi darah. Banyak masalah kesehatan, baik fisik maupun mental dapat disembuhkan dan disembuhkan dengan meditasi reguler.

5. Olahraga


Olahraga teratur dapat membantu Anda berkeringat dan membuang racun yang berkontribusi pada jerawat nodular.

Olahraga juga cara terbaik untuk melepaskan hormon endorfin dalam tubuh dalam menangkal stress. Pastikan berolahraga selama 45 menit setiap hari atau minimal 4 kali seminggu.

Perbanyak juga minum air dan lihat bagaimana kulit Anda akan mulai bersinar dalam beberapa minggu!

6. Diet dan asupan air


Orang yang rentan terhadap jerawat nodular dianjurkan untuk menghindari makanan berminyak dan gula. Selain itu, minumlah setidaknya 8-10 gelas air setiap hari.

Diet kaya akan asam lemak Omega 3, vitamin dan mineral juga bisa sangat bermanfaat bagi kulit.

7. Pembersihan rutin


Pembersihan uap adalah bagian penting untuk menjaga agar pori-pori bebas dari kotoran dan minyak. Selain itu agar kulit bebas jerawat, bersihkan secara rutin wajah Anda dengan pelembab.

Konsultasikan dengan dokter kulit Anda mengenai produk jerawat yang tepat untuk jenis kulit Anda. Hindari paparan langsung sinar matahari berlebih karena bisa membuat jerawat Anda makin parah.

Itu saja tips mengobati jerawat nodul dari saya. Siapa tahu ada manfaatnya. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel