Catat Nih! Seabreg Manfaat Lain Tusuk Gigi

Manfaat tusuk gigi. Jangan remehkan kegunaan sepotong kayu kecil yang biasa kita sebut tusuk gigi. Fungsinya memang untuk mengambil sisa makanan yang terselip di antara celah gigi. Tapi apakah cuma itu kegunaannya?

Ternyata tidak lho jeng. Tusuk gigi bisa dimanfaatkan untuk beragam hal. Nah, intip yuk apa saja yang bisa kita lakukan dengan potongan kayu mungil ini.

Manfaat Tusuk Gigi

Manfaat Lain Tusuk Gigi


Mulai sekarang simpanlah sekotak tusuk gigi di dapur. Sebagai persiapan agar manfaat lain dari tusuk gigi di bawah ini suatu saat bisa Anda terapkan. Yuk dibaca dulu jeng…

1. Memastikan cake telah matang


Gunakan tusuk gigi untuk mengetahui cake yang dipanggang atau dikukus telah matang atau belum. Tancapkan tusuk gigi pada bagian tengah cake, kemudian tariklah.

Jika tusuk gigi basah, berarti cake belum matang sempurna. Jika kering, bisa dipastikan cake telah matang dan siap untuk diangkat.

2. Membuat motif marble cake


Anda ingin membuat marble cake? Gunakan tusuk gigi untuk membuat motif marble. Tuangkan adonan dalam loyang, buatlah motif acak marmer pada adonan.

3. Merapikan potongan roti lapis


Roti lapis dengan berbagai macam isi akan sulit dipotong menjadi beberapa bagian. Agar mudah saat memotong, tancapkan tusuk gigi pada dua bagian, lalu potonglah sesuai selera. Maka Anda akan mendapatkan potongan roti lapis yang rapi.

4. Mengambil kelebihan bahan atau bumbu masakan


Kelebihan bahan atau bumbu pada masakan bisa mempengaruhi rasanya. Untuk mengambil potongan kecil bisa menggunakan sendok, namun Anda tentu tak ingin bahan lainnya ikut terambil.
Gunakan tusuk gigi untu mengambil bahan yang tidak Anda kehendaki.

5. Membuat lubang pada tutup alumunium foil


Jika Anda hanya membutuhkan lubang kecil pada botol kemasan bumbu, maka Anda tak perlu membuka tutup alumunium foilnya. Cukup dengan menusukkan tusuk gigi hingga celah yang Anda kehendaki terbentuk.

Baca juga ini : Sejuta Khasiat Ajaib Baking Soda

6. Menjaga sosis tidak terguling


Ketika merebus, memanggang dan menggoreng sosis, mungkin saja sosis Anda akan berguling-guling. Untuk menyiasatinya, tancapkan tusuk gigi di bagian tengah sosis.

Dengan begitu, sosis tidak akan berguling-guling dan Anda akan dengan mudah mengirisnya.

7. Membuat motif pada icing


Manfaatkan tusuk gigi untuk membuat motif atau tulisan pada icing sesaat setelah Anda memanggangnya. Pastikan proses membuat motif menggunakan tusuk gigi dilakukan sebelum icing benar-benar mengeras.

8. Merekatkan daun pisang


Jika tak ada lidi untuk merekatkan daun pisang saat membuat pepes atau tum, gunakan tusuk gigi sebagai gantinya.

9. Membersihkan kompor


Gunakan tusuk gigi untuk membersihkan kompor dari sisa makanan dan bahan yang menetes ketika proses memasak. Hilangkan kotoran yang menutupi lubang kompor agar api bisa menyala dengan sempurna.

10. Merapikan hidangan petit four


Hidangan petit four akan cantik jika disajikan dengan rapi. Agar susunan bahan dari petit four tidak berantakan dan tetap menarik gunakan tusuk gigi untuk merapikan.

Tusuk Gigi

11. Membantu merangkai buah dan bunga


Tusuk gigi juga berguna ketika merangkai buah atau bunga. Tancapkan buah dan bunga yang dikehendaki dengan tusuk gigi ke oasis.

17. Membantu mewarnai telur Paskah


Jika ingin mewarnai telur saat Paskah, atau mewarnai beragam kerajinan lain yang berukuran kecil, gunakan tusuk gigi.

Celupkan tusuk gigi dalam cat, lalu sapukan pada bidang yang telah ditentukan. Dengan tusuk gigi, akan mempermudah saat pengerjaan sehingga hasilnya juga lebih rapi.

18. Membersihkan sisir


Sisir, sikat, atau wooden brush baik digunakan untuk menyisir rambut yang tipis. Namun tak jarang akan tersisa banyak rambut pada gigi-giginya. Agar tidak merusak gigi-gigi tersebut, gunakan tusuk gigi untuk mengambil sisa rambut.

18. Menutup bekas lubang paku


Lubang kecil pada tembok seperti bekas paku yang dicabut tampak mengganggu, karena lubang ini mungkin digunakan sebagai tempat serangga sehingga kotor.

Tutup lubang dengan cara memasukkan lem atau bahan lain kemudian dorong menggunakan tusuk gigi. Pastikan tak ada celah di dalamnya, lalu cat sesuai selera.

19. Membuat kerajinan sabun


Saat membuat pahatan dari sabun untuk kerajinan, tusuk gigi juga dapat dimanfaatkan untuk membuatnya.

20. Menghilangkan kotoran di kuku


Tanah atau kotoran yang masuk di kuku kadang susah dihilangkan meskipun telah dicuci berulang kali. Untuk menghilangkannya, gunakan tusuk gigi dengan hati-hati agar tidak melukai kulit di bawahnya.

21. Membersihkan ponsel


Bersihkan ponsel Anda memakai tusuk gigi. Caranya, bukalah penutup bagian belakang, bersihkan menggunakan tusuk gigi secara perlahan agar Anda tidak merusak bagian lainnya. Kotoran dapat terselip pada bagian atau lubang di depan dan belakangnya.

22. Membersihkan mesin jahit


Mesin jahit yang kotor akan mempersulit proses menjahit. Gunakan tusuk gigi untuk membersihkan celah atau lubang kecil yang tidak terjangkau dengan alat lain.

23. Mengusir kotoran pada keyboard


Keyboard yang kotor dapat menjadi sarang kuman. Banyaknya celah kecil akan sulit jika hanya sekedar dibersihkan menggunakan sikat gigi bekas.

Cobalah menggunakan tusuk gigi untuk mengambil kotoran yang mungkin terdapat pada celah-celahnya.

24. Sebagai pembatas buku


Sangat disayangkan jika ujung halaman dilipat sebagai pembatas. Pakailah tusuk gigi sebagai ganti pembatas buku.

25. Dibuat menjadi kerajinan tangan


Tusuk gigi dalam jumlah banyak dapat juga dibuat beragam kerajinan tangan. Seperti membuat box dari kertas karton yang tebal. Agar box tidak tampak polos, tempelkan tusuk gigi dengan rapi kemudian warnai agar lebih menarik.

Itulah berbagai manfaat lain dari tusuk gigi. Semoga bisa ada manfaatnya. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel