9 Jenis Makanan ini Ternyata Menyimpan Fakta Unik

Jenis makanan dengan fakta unik. Ati-ati jeng saat menyantap makanan. Ada beberapa jenis bahan pangan yang ternyata punya kandungan unik di dalamnya. Tapi jangan berpikir yang aneh-aneh dulu.

Beberapa jenis makanan di bawah ini memiliki fakta unik meski jarang diketahui banyak orang. Penasaran kan? Ya udah, yuk dibaca bareng-bareng.

Jenis Makanan ber-Fakta Unik


9 Jenis Makanan ini Ternyata Menyimpan Fakta Unik

Apel ber-Sianida?


Banyak yang bertanya, apakah buah apel mengandung sianida? Jawabannya adalah YA, meskipun kandungan racunnya sangat kecil. Dan letaknya pada biji, bukan di dagingnya.

Anda tak perlu kuatir. Racun pada buah apel tak berefek pada tubuh manusia. Lapisan keras pada biji apel melindungi kita dari racun sianida yang ada di dalamnya.

Selain itu, misalkan Anda kunyah biji apel sekalipun tak akan membuat Anda sakit. Jumlah toksin dalam biji apel tak cukup untuk menyebabkan kerusakan. Sistem pencernaan tubuh kita akan mendetoksifikasi apa pun yang telah tertelan.

Tomat dan Listrik


Beberapa ilmuwan di American Chemical Society (ACS) telah mengumumkan hasil temuan mereka. Sebuah terobosan yang mengubah limbah tomat menjadi sumber listrik.

Tomat dan Listrik


Gas metana yang dieksploitasi dari sampah tomat dengan sel elektrokimia telah mampu menghasilkan arus listrik.  Tapi sayang, energi yang diproduksi saat ini hanya mampu menghasilkan energi listrik sebesar 0,3 watt.

Mata Uang Chocolate


Terpikirkah oleh Anda jika dulunya cokelat memiliki riwayat yang unik?

Pada kurun abad ke-16, cokelat digunakan sebagai bentuk mata uang selama beberapa dekade. Sedangkan orang Aztec di Amerika Latin memperdagangkan biji kakao untuk ditukar dengan bahan pokok atau hewan ternak.

Yang lebih unik, selama Perang Revolusi Amerika cokelat dibagikan kepada para serdadu perang untuk menggantikan upah.

Titanium Dioxide di Ranch Dressing


Ranch Dressing adalah sejenis saus berbahan dasar mayonaise dan emulsier lainnya. Warnanya putih bertekstur halus. Demi kepraktisan, ranch dressing banyak hadir dalam bentuk kemasan instan.

Menurut isu yang berkembang, ranch dressing kemasan instan dalam produksinya sering dibubuhi titanium dioksida agar saus terlihat putih berkilau.

Seperti diketahui bahwa titanium dioksida termasuk bahan kimia yang juga ditemukan pada produk tabir surya dan cat.

Meski penambahan bahan kimia ini relative kecil, untuk pilihan yang sehat sangat disarankan untuk membuat sendiri ranch dressing dengan bahan-bahan alami.

Nectar dari Muntahan Lebah 


Anda mungkin pernah mendengar bahwa madu dihasilkan dari muntahan lebah madu. Pada dasarnya teori itu benar dan masuk akal.

Seekor lebah akan memuntahkan nektar dari perut ke dalam sisir madu. Enzim dalam perut yang disebut oksidase glukosa lebah bercampur dengan nektar hingga mengendap dan mengental, menghasilkan asam glukonat dan hidrogen peroksida.

Nektar Madu

Hidrogen peroksida ini sama persis seperti yang digunakan untuk membersihkan luka. Madu yang terbentuk di sisir madu akan menggumpal hingga menjadi likuid dan berasa manis.

Minyak Canola


Minyak canola aslinya berasal dari Kanada. Canola merupakan bentuk akronim dari Kanada dan ola, yang berarti minyak. Inilah satu-satunya bahan minyak nabati paling sehat di dunia dan hanya tumbuh secara ekslusif di Kanada.

Canola oil adalah sumber protein yang sangat baik bagi manusia. Selain itu, tanaman ini  kerap dijadikan pakan ternak sebagai makanan sehat bagi hewan agar menghasilkan susu yang berkualitas.

Volume air Meningkat Saat Membeku


Secara umum, benda akan memperluas volumenya (memuai) ketika dipanaskan dan akan menyusut saat didinginkan. Pada air, hal itu justru terjadi kebalikannya.

Inilah uniknya air, ketika membeku volumenya akan mengembang sekitar 10%. Penjelasan sederhana adalah bahwa ketika air membeku terjadi pengkristalan. Bentuk kristalisasi ini memakan lebih banyak ruang sehingga menyebabkan ekspansi volume dari bentuk air.

Antara Kacang dan Dinamit


Jika Anda merunut label bahan pembuatan dinamit, mungkin saja kacang tak akan disebutkan dalam komposisi bahan. Padahal ada ikatan kuat antara kacang dan dinamit.

Kacang dan Dinamit

Dinamit terbentuk dari bahan bernama nitrogliserin yang merupakan cairan berminyak dari gliserol. Sedangkan gliserol itu sendiri dapat diproduksi pada pengolahan minyak kacang.

Jadi gliserol sebenarnya adalah cairan yang bisa Anda temukan pada dinamit dan kacang.

Baca artikel unik ini : Seabreg Manfaat Lain Tusuk Gigi

Madu Sulit Membusuk


Madu adalah salah satu dari beberapa makanan yang tidak mudah cepat rusak. Ada beberapa alasan untuk ini.

Pertama, madu adalah jenis makanan berbahan dasar gula serta memiliki sedikit kandungan air. Karena rendahnya kadar air tersebut, bakteri sulit berkembang biak dan bertahan hidup.

Selain itu, pH balance madu berbeda dengan jenis makanan yang lain yaitu antara 3- 4,5. Hal ini membuat madu bersifat asam yang pada akhirnya akan membunuh mikroorganisme yang mungkin berniat tinggal di sana.

Satu-satunya cara yang membuat madu cepat rusak adalah jika ditambahkan air di dalamnya - atau dibiarkan pada suhu lembab. Dari situ organisme akan tumbuh dan membuat kualitas madu semakin memburuk.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel