7 Bahan Alami Pembuat Kulit Kinclong

Cara mencerahkan kulit dengan bahan alami. Untuk tampil sempurna di Hari Natal dan Tahun Baru, jangan lupa melakukan perawatan kulit (wajah dan tubuh) agar terlihat lebih cerah dan bersih.

Nggak harus dengan perawatan mahal, tapi cukup dengan bahan-bahan alami.

Berbagai campuran buah-buahan dan sayuran, bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit secara alami. Mudah didapat, murah serta tanpa efek samping yang bisa membahayakan kulit.

Berikut akan saya bagikan tips mencerahkan kulit wajah secara alami.

Cara Mencerahkan Kulit secara Alami

Cara Mencerahkan Kulit dengan Bahan Alami


Kita mulai dari yang pertama, disimak ya jeng…

1. Mentimun + Lemon


Kulit kusam  disebabkan oleh menumpuknya sel-sel kulit mati. Karena itu, untuk mencerahkan kembali, yang bisa dilakukan adalah mengeluarkan sel-sel kulit mati tersebut, tanpa menyebabkan terjadinya iritasi.

Salah satunya menggunakan mentimun dan jeruk lemon. Mentimun akan menghaluskan dan melembabkan kulit, sedangkan jeruk membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang ada di permukaan kulit wajah.

Caranya, ambil setengah mentimun ukuran sedang, blender hingga halus. Tambahkan satu sendok makan air perasan jeruk  lemon. Aduk merata. Oleskan pada kulit wajah yang kusam.

Setelah itu, biarkan mengering. Lakukan secara teratur setiap hari untuk mendapatkan kulit cerah dan lembut.

Mentimun dan Lemon

2. Susu + Lemon


Kulit yang kusam sebaiknya sering dibasuh dengan air agar lebih lembab. Namun hindari terlalu  sering menggunakan sabun, agar kulit tidak semakin kering dan kusam.

Buatlah ramuan alami yang digunakan untuk membasuh kulit wajah, sekaligus  mengangkat kotoran dan melembabkan kulit.

Caranya, ambil segelas susu segar  yang belum dimasak. Tambahkan sejumput garam dan 1 sdt air perasan lemon. Aduk  merata, kemudian gunakan untuk membasuh wajah.

Lakukan dua kali sehari, pagi dan sore. Niscaya wajah akan  terlihat lebih bersih, cerah, dan segar.

Susu dan Lemon

3. Alpukat + Jeruk Nipis


Alpukat mengandung asam lemak yang mampu melembabkan kulit yang kusam, dan memperbaiki tekstur kulit yang rusak akibat radikal bebas.

Sedangkan air perasan jeruk nipis mampu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit menjadi lebih cerah.

Caranya, hancurkan setengah alpukat matang. Campur dengan  beberapa tetes air perasan jeruk nipis. Oleskan  campuran tersebut pada kulit wajah dan leher yang sudah dibersihkan.

Biarkan 15-20 menit hingga mengering. Basuh dengan air hangat dan bilas dengan air dingin. Lakukan seminggu dua atau tiga kali untuk hasil yang maksimal.

Alpukat dan Jeruk Nipis

4. Oatmeal  + Madu


Jika kulit tubuh Anda terlihat kusam, coba Anda berendam dalam ramuan oatmeal, madu, dan susu. Ketiga bahan tersebut mampu menutrisi dan melembabkan kulit.

Caranya, isi bath tub dengan air hangat. Kemudian, masukkan oatmeal, madu, dan susu dengan komposisi seimbang  dengan volume air mandi. Aduk merata agar semua bahan tercampur air.

Berendamlah ke dalamnya selama 15 menit. Sambil sesekali gosok-gosok tubuh Anda. Bilas dengan air dingin. Lakukan sebulan sekali.

Oatmeal dan Madu

5. Kuning telur + Air Mawar


Tak hanya menumpuknya kotoran dan sel-sel kulit mati saja yang dapat menyebabkan kulit jadi kusam. Tapi pola makan yang tidak sehat pun bisa berpengaruh. Terutama bila pola makan sehari-hari Anda minim vitamin A dan B.

Sebab, kelenjar minyak kulit tidak akan cukup untuk menyuplai minyak pada kulit, sehingga kulit jadi kering dan tidak segar.

Selain mengembalikan pola makan yang sehat, jangan lupa untuk perawatan dari luar, seperti menggunakan kuning telur yang banyak mengandung vitamin A dan K, yang mampu mengembalikan produksi kelenjar minyak.

Caranya, ambil satu kuning telur, satu sendok teh air perasan jeruk nipis, 1 sdt  minyak zaitun. Aduk hingga bahan-bahan tersebut tercampur sempurna.

Kemudian oleskan pada wajah di pagi hari sebelum mandi. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan dua kali seminggu agar kulit kembali sehat.

Kuning Telur dan Air Mawar

6. Pepaya  + Aprikot


Perubahan cuaca atau terlalu lama berada di luar ruangan, bisa membuat kulit jadi kotor dan kusam. Untuk mencerahkan kembali, coba gunakan papaya  dan aprikot.

Pepaya yang kaya akan vitamin C mampu mengatasi kulit kusam, sehingga tampak lebih cerah. Sedangkan aprikot kaya carotenoid, merupakan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas.

Caranya, hancurkan  satu atau dua potong papaya matang. Sisihkan. Hancurkan pula satu buah aprikot yang sudah dikupas hingga lembut. Campur papaya dan apricot, aduk merata.

Oleskan pada  wajah  dan leher serta beberapa bagian tubuh lainnya yang kusam. Biarkan 15-20 menit atau hingga mengering. Gunakan setiap hari, dalam tiga hari kulit tampak terlihat lebih sehat dan halus.

Pepaya dan Aprikot

7. Wortel + Aloe Vera


Mengonsumsi obat-obatan  juga berefek buruk pada kesehatan dan kecantikan kulit. Terutama obat-obatan diuretic, antispasmodic dan antihistamin yang menyebabkan kulit kering.

Solusinya, kurangi konsumsi jenis obat-obatan tersebut. Namun jika tak bisa dilakukan, maka cara  terbaik adalah merawat kulit dengan bahan-bahan yang tepat, seperti wortel dan aloe vera.

Wortel dan Lidah Buaya

Caranya, ambil lendir atau gel aloe vera (lidah buaya) sebanyak satu sendok makan. Campur dengan parutan wortel dan aduk hingga merata. Biarkan selama 15-20 menit agar ramuan mengering.

Basuh dan bilas dengan air bersih. Aloe vera akan mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus menenangkan dan melembabkan kulit.

Selain itu, juga akan menyembuhkan kulit yang terluka  karena terlalu kering. Sementara wortel mengandung vitamin A dan C yang bagus untuk melembutkan kulit.

Artikel menarik : Bye..Bye..Jerawat!

Itulah beberapa bahan alami yang bisa bermanfaat untuk mencerahkan kulit Anda. Semoga bermanfaat. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel