Kenali Bagian Daging Sapi sebelum Memanggang Barbeque

Berencana memanggang daging sapi? Kenali bagian daging yang pas untuk barbeque dan steak hingga saus pas untuk padu padannya berikut ini.

Bagian-bagian Daging Sapi


1.Brisket


Potongan daging dari dada sapi bagian bawah ini punya nama lain daging pho dan korean bbq. Umumnya bagian brisket berukuran besar, bumbui dulu daging dengan campuran saus barbeque, garam dan merica. Letakkan daging dalam wadah berukuran cukup besar. Tutup wadah dengan plastik wrap atau alumunium foil.

brisket beef steak

Simpan daging dalam pendingin atau kulkas antara 8 hingga 12 jam, agar bumbu meresap. Keluarkan daging dari kulkas, biarkan hingga daging kembali ke suhu normal (suhu ruang). Setelah itu panggang daging dengan teknik slow-smoke, yaitu dibakar secara perlahan agar daging lembut dan lemak lumer. Potongan brisket paling cocok di sajikan dengan saus bbq yang tajam.

2. Skirt


skirt beef steak

Potongan steak skirt berasal dari bagian depan perut di bawah tulang rusuk. Potongan ini bisa disajikan dalam bentuk fajitas (daging panggang yang diiris tipis, yang dibungkus dengan tacos ) atau di tumis. Jika ingin dibuat steak, taburi panggangan dengan garam lalu letakan daging skrit di atas nya. Potongan skrit cocok jika di sajikan dengan saus salsa dan chimichurri.

3. Tenderloin


Kita mengenal tenderloin dengan daging has dalam. Potongan ini paling empuk dengan kandungan lemak yang sedikit. Tenderloin paling nikmat dipanggang hingga tingkat kematangan medium atau rare agar makin juicy.

tenderloin beef steak

Saus bordelaise, bawang putih, dan mustard paling pas untuk tenderloin. Karena daging ini sangat lunak, bisa di panggang dalam oven saja atau di panggang langsung di atas bara tetapi apinya tidak boleh terlalu panas.

Bagian lain tenderloin adalah top loin dan sirloin. Potongan top loin berada di bagian atas tenderloin, sedangkan sirloin terletak di bawah bagian tenderloin. Sirloin lebih banyak lemak dan kurang nikmat, top loin lemaknya sedikit dan lebih lembut dagingnya. Saus jamur dan saus bourbon cocok sebagai pendamping top loin dan sirloin.

Resep dapur lainnya :
6 Resep Olahan Telur Paling Populer

4. Rib-Eye


rib-eye beef steak

Rib-eye adalah potongan daging bagian rusuk sapi. Dagingnya menempel pada tulang rusuk dan memiliki lemak yang sangat juicy saat di masak. Potongan rib-eye paling cocok di sajikan dengan saus jamur.

5. T- Bone


t-bone beef steak

T- Bone berasal dari potongan bagian ujung depan dari pinggang sapi dengan tulang di tengah berbentuk T. potongan T- Bone terkenal lezat, dagingnya tebal dan lemak nya lembut. T- Bone makin nikmat disajikan dengan saus klasik seperti saus balsamic, saus jamur, saus madu, hingga saus yang dicampur whisky.

6. Prime Rib


prime rib beef steak

Potongan daging ini terletak pada bagian tengah rusuk sapi dan memiliki lapisan lemak yang tebal di bagian luar. Ketika di panggang, lemak akan melembut dan lumer. Perciki daging dengan sedikit garam dan merica sebelum dipanggang dengan waktu lama. Prime rib cocok disajikan dengan semua jenis saus.

7. Strip


strip beef steak

Potongan ini paling populer untuk steak. Bagian daging yang diambil dari bagian tengah belakang pinggang sapi ini, dikenal dengan nama 'new york strip steak'.

Sebelum di panggang, daging cukup diolesi dengan campuran mentega, garam dan saus bawang putih. Setelah matang bisa disajikan dengan saus barbeque, lada hitam atau saus pedas lainnya.

8. Flank


flank beef steak

Potongan flank berasal dari bagian kanan perut sapi. Bentuk potongannya  memanjang. Bagian ini cocok untuk shaslik (sate) dan kebab. Agar makin nikmat, potongan flank harus direndam dengan saus terlebih dahulu sebelum dipanggang. Bahan yang di bumbui sebaiknya disimpan dulu dalam kulkas selama 1-2 jam. Saus yang cocok untuk penyajiannya adalah salsa, blackpepper, jamur, barbeque dan pedas.

Coba ini di baca juga jeng...
TIPS AMAN MEMANGGANG BBQ

Kini Anda sudah tahu kan jeng, ada nama khusus untuk setiap bagian daging sapi yang hendak dipanggang. Semoga ada manfaatnya. Salam cantik.

0 komentar

mau komen? klik aja!

 

cari artikel